Perencanaan Keuangan, Sebuah Proses yang Rumit dan Penuh Tekanan

Sumber gambar: Pexels.com

“Sebuah proses yang rumit dan penuh tekanan”, mungkin ini yang terbesit di benak kita ketika mendengar tentang perencanaan keuangan. Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa perencanaan keuangan hanyalah untuk orang yang memiliki banyak uang. Ada juga yang berpendapat bahwa komitmen yang dibutuhkan terlalu besar, sehingga prosesnya tidak menyenangkan dan terkesan memberatkan.

Tentu saja kita tidak dapat menyalahkan orang-orang yang memberikan pendapat itu, karena pada dasarnya industri keuangan sendirilah yang tanpa sadar membentuk pola pikir tersebut dengan cara mereka berkomunikasi kepada masyarakat selama ini.

Jadi, apa sebenarnya definisi dari perencanaan keuangan? Beberapa definisi muncul setiap kali kita melakukan pencarian melalui internet. Di antara banyaknya definisi tersebut, ada dua kata yang selalu muncul yaitu “PROSES” dan “TUJUAN”, sehingga dapat disimpulkan bahwa perencanaan keuangan adalah suatu proses untuk mencapai suatu tujuan. Terdengar sederhana? Yes. Mudah dilakukan? Belum tentu.

Jika kamu ingin merencanakan keuangan, tetapi pola pikirmu mengenai perencanaan tersebut atau tentang keuangan itu sendiri sudah tidak tepat, maka besar kemungkinan perencanaan itu selamanya hanyalah sebuah rencana. Kamu bisa jadi melakukan eksekusi terhadap rencana yang sudah kamu buat, tetapi bagaimana memastikan hingga berapa lama kamu akan terus berkomitmen untuk mengikuti perencanaan tersebut? Disinilah pola pikir berperan. Pola pikir yang tepat tentu saja dipengaruhi oleh pengetahuan, pengalaman dan juga lingkungan selama bertahun-tahun yang sudah kamu jalani. Selamat menentukan tujuan keuanganmu dan menikmati prosesnya!

Sumber artikel: The Principles of Personal Finance by Jouska Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s