Pensiun Check List

Apakah Anda telah siap untuk menjalani pensiun? Kapan Anda akan siap untuk mulai melangkah dan menjalani waktu dan tahapan terindah dalam kehidupan Anda ini? Apa saja yang harus Anda siapkan sebagai bekal agar Anda dapat menjalani dan menikmati setiap hari dalam umur yang akan Anda tempuh, sebagai berkat Tuhan yang terindah?

Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jujur dan lihatlah nilai Anda, dan Anda akan mengetahui bahwa ternyata Anda sudah siap atau bahkan sama sekali tidak siap.

Daftar Pertanyaan Jawablah Dengan “Ya” atau “Tidak”

MENTAL

  1. Apakah Anda paham dan menyadari benar bahwa umur Anda tidak bisa Anda hentikan dan Anda tidak mungkin muda sepanjang hidup? Anda akan tua, lemah, dan tidak berdaya suatu saat kelak.
  2. Apakah Anda rela dan ikhlas akan menjalani dan menempuh umur Anda di masa 50 tahunan, 60 tahunan, dan 70 tahunan, saat Anda diberikan umur panjang hingga 80 tahun?
  3. Apakah Anda telah siap bahwa semua dunia pekerjaan Anda berikut fasilitas dan kekuasaan Anda, akan “hilang” dan berubah drastis?
  4. Apakah Anda telah siap akan kehilangan suasana pekerjaan dan sahabat atau rekan kerja Anda saat masih aktif bekerja?
  5. Apakah Anda telah siap bila saat Anda pensiun, Anda akan tinggal sendiri bersama pasangan Anda dan anak-anak Anda mencari kehidupan mereka sendiri?
  6. Apakah Anda telah siap saat Anda pensiun, anak-anak Anda akan jarang membantu keuangan Anda dan bahkan jarang menjenguk Anda, karena kondisi keuangan dan kesibukan mereka?
  7. Apakah Anda telah siap bahwa anak-anak Anda akan lebih memperhatikan tanggung jawab mereka terhadap keluarga mereka sendiri? Atau menerima perlakuan yang kurang layak dari menantu Anda? (Apalagi jika Anda menumpang hidup sama anak-anak Anda)

ACTIVITIES

Photo by Marcus Aurelius on Pexels.com
  1. Apakah Anda telah siap bahwa Anda akan “kehilangan” pekerjaan Anda yang selama puluhan tahun Anda geluti?
  2. Apakah Anda akan bersemangat dan penuh antusias untuk menyambut pensiun ini dengan cerita dan gembira, di mana Anda dapat memakai waktu secara penuh untuk melakukan segala kegiatan, hobi dan urusan Anda yang selama ini “tertunda”?
  3. Apakah Anda sudah memikirkan aktivitas kegiatan baru, yang menyenangkan dan menyehatkan diri Anda dan bermanfaat bagi sesama, yang akan Anda lakukan saat golden age?
  4. Usaha atau bisnis macam apa yang ingin Anda miliki dan jalankan saat pensiun?
  5. Apakah Anda akan memiliki sebuah hobi atau kegiatan yang bermanfaat dan menghasikan income bagi diri Anda, saat Anda memasuki masa pensiun?
  6. Apakah Anda ingin memeluk, menggendong, dan mengemong serta mencium cucu-cucu Anda, sebagai bagian daripada aktivitas dan pencurahan kasih sayang Anda?

FINANCIAL

  1. Apakah Anda telah memikirkan di mana Anda akan tinggal dan rumah macam apa yang akan Anda diami untuk melakukan aktivitas dan menikmati masa golden age?
  2. Apakah semua tanggung jawab minimal Anda kepada anak-anak, terkait pendidikan sudah Anda persiapkan dan tuntaskan saatnya nanti, sehingga Anda dapat melangkah dan menjalani masa golden age secara bebas dan tidak terbebani?
  3. Apakah seluruh utang dan tanggung jawab Anda kepada pihak ke-3 akan tuntas saat Anda memasuki usia pensiun?
  4. Apakah Anda sudah mempersiapkan dan akan memiliki sebuah dana yang memadai, untuk membayar seluruh biaya hidup, perjalanan wisata, perawatan kesehatan, sosial dan modal bisnis, selama masa golden age Anda bersama pasangan Anda?
  5. Kemana Anda ingin pergi berwisata? Labuan Bajo, Raja Ampat, Paris, London, Korea, Jepang, atau Amerika?
  6. Apakah Anda ingin mengendarai mobil Anda sendiri? Mobil apa?

AKHIRNYA

Photo by Erik Mclean on Pexels.com
  1. Apakah Anda ingin meninggalkan sebuah kenangan bagi keluarga dan keturunan Anda? Kenangan macam apa yang ingin Anda wariskan?
  2. Apakah Anda sudah mempersiapkan surat wasiat bagi keluarga Anda? Mencegah perpecahan dan pertikaian di antara mereka, pesan apa yang ingin Anda sampaikan bagi keluarga Anda untuk terakhir kalinya?
  3. Pada saatnya tiba, di mana dan bagaimana Anda ingin di makamkan dan dikenang?

Bila jawaban Anda semua “Ya”, maka Anda akan dapat menikmati masa golden age Anda dengan bahagia dan sejahtera, dan bila ada jawaban Anda “Tidak”, maka segera persiapkan dan penuhi agar Anda tidak meratapi usia tua Anda.

Referensi: Jangan Mau Pensiun Berkarat, Melarat, dan Sekarat karangan Freddy Pieloor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s